Penggerak Pertumbuhan UMKM

Ikuti kursus Penggerak  Pertumbuhan UMKM yang dirancang oleh Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (U.S. Agency for International Development – USAID) dengan dukungan dari Badan ASEAN untuk Urusan Usaha Kecil dan Menengah (ASEAN Coordinating Committee on Micro, Small and Medium Enterprises – ACCMSME) dan Dewan Bisnis Amerika Serikat (AS)-ASEAN (US-ASEAN Business Council – US-ABC) untuk mempelajari aspek-aspek yang penting bagi UMKM untuk berkembang. Kursus ini dibuat berdasarkan modul-modul pembelajaran yang mudah diikuti dan dapat Anda pelajari sesuai dengan waktu yang Anda miliki. Modul-modul tersebut dilengkapi dengan berbagai aktivitas pembelajaran termasuk video mikro, webinar yang telah direkam sebelumnya, dan pelajaran interaktif.

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ASEAN yang berpartisipasi dalam survei elektronik yang dilakukan oleh proyek ASEAN-USAID IGNITE pada November 2022 mengindikasikan bahwa tantangan yang paling mendesak selama pandemi COVID-19 adalah aspek keuangan. Dalam aspek keuangan, sebagian besar UMKM ASEAN menunjukkan bahwa tantangan keuangan yang paling mendesak yang diidentifikasi adalah biaya tetap – antara lain upah, pajak, dan biaya jaminan sosial.

Penggerak Pertumbuhan UMKM  berfokus pada membuka kekuatan pembayaran digital, konten, iklan digital, dan operasi digital untuk UMKM ASEAN yang dapat bertahan di masa depan. Kursus ini akan mendukung UMKM dalam menerima pembayaran melalui dompet elektronik, memanfaatkan data pembayaran digital, membuat konten yang menarik, menghasilkan kampanye yang menarik, dan melacak konversi untuk meningkatkan hasil. UMKM ASEAN juga akan dibantu untuk membuat bisnis mereka agar dapat diakses oleh pelanggan global sebagai strategi untuk membuat bisnis mereka bertahan di era digital.

Course Materials