The Business Continuity and Resilient Tab (Bahasa Indonesia)

Platform pembelajaran daring ASEAN SME Academy dibentuk sebagai bagian dari upaya kolaboratif antara Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (U.S. Agency for International Development – USAID), US-ASEAN Business Council – US-ABC, dan Badan ASEAN untuk Urusan Usaha Kecil dan Menengah (ASEAN Coordinating Committee on Micro, Small and Medium Enterprises – ACCMSME). Organisasi internasional dan perusahaan anggota US-ABC menyediakan serangkaian pelatihan untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) secara gratis adalah tujuan utama dari ASEAN SME Academy. Pada tahun 2021, performa ASEAN SME Academy telah ditingkatkan sepenuhnya untuk meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan dan aksesibilitas situs web.

 

Situs web yang telah diperbaharui ini menawarkan fitur baru yang disebut Business Continuity and Resilience Tab (BCR), yang proses pengembangannya dipimpin oleh proyek ASEAN-USAID Inclusive Growth in ASEAN through Innovation, Trade, and E-Commerce (ASEAN-USAID IGNITE) yang didanai oleh USAID. 

BCR Tab adalah halaman web satu akses di mana pengguna Akademi dapat mengakses modul e-learning, webinar, komunitas praktik, serta alat dan sumber daya yang telah dikurasi mengenai keberlanjutan dan ketahanan bisnis untuk melengkapi dan mendukung mereka dalam pemulihan dan transformasi ekonomi akibat COVID-19. Dengan kata lain, BCR memungkinkan penggunanya untuk membuat bisnis mereka siap menghadapi masa depan!

Di bawah BCR Tab, bahan-bahan dan sumber pembelajaran disajikan dalam empat kursus interaktif yang dapat dipilih oleh pengguna Akademi sesuai dengan kecepatan belajar mereka. Keempat kursus ini tersedia dalam bahasa Inggris, Vietnam, Thailand, dan bahasa Indonesia.

 

Empat Kursus untuk Membantu UMKM

dalam melakukan perencanaan bagi keberlangsungan dan ketahanan berbisnis.

 

Mengubah Kerangka Berpikir dan Tim

Kursus ini menjelaskan kompetensi dan pengetahuan dasar bagi UMKM ASEAN untuk unggul dalam ekonomi global dan menyamakan kedudukannya dengan perusahaan-perusahaan besar. UMKM ASEAN akan mendapatkan pengalaman dalam membangun rencana keberlangsungan  bisnis, membangun budaya digital native dalam bisnis, dan mempersiapkan tim untuk lingkungan pengelolaan digital yang memungkinkan mereka untuk menghadapi tantangan yang timbul dari perubahan.

 

Mengelola Pelanggan Secara Digital

Kursus ini berfokus pada pengembangan kompetensi penting yang dibutuhkan oleh UMKM yang berencana untuk mendigitalkan bisnis mereka. Kursus ini akan mendukung UMKM ASEAN dalam membangun kehadiran online yang akan menghubungkan mereka lebih jauh dengan para pelanggan dan membangungenerasi pemimpin. UMKM ASEAN akan memperoleh keahlian baru dan kepercayaan diri untuk bertindak, membuat keputusan, dan merencanakan keberlanjutan bisnis mereka berdasarkan analisis data dan tren data yang dibahas dalam pelatihan ini.

 

Penggerak Pertumbuhan UMKM

Kursus ini berfokus pada mengungkap kekuatan pembayaran digital, konten, iklan digital, dan operasi digital untuk UMKM ASEAN yang siap menghadapi masa depan. Kursus ini akan mendukung UMKM dalam menerima pembayaran melalui dompet elektronik, memanfaatkan data pembayaran digital, membuat konten yang menarik, membuat kampanye yang menarik, dan melacak konversi untuk meningkatkan hasil. UMKM ASEAN juga akan dibantu untuk membuat bisnis mereka dapat diakses oleh pelanggan global sebagai strategi untuk membuat bisnis mereka tangguh di era digital.

 

Menyiapkan Bisnis Anda di Masa Depan

Kursus ini berfokus pada kebutuhan UMKM ASEAN untuk beradaptasi dengan tren di lingkungan yang sangat cepat berubah agar bisnis mereka dapat bertahan di masa depan. Dalam kursus ini, UMKM ASEAN akan didukung dalam memanfaatkan kekuatan media sosial dan alat digital lainnya. Kursus ini juga mencakup keberlanjutan dalam operasi bisnis dan kemampuan untuk mengatasi dan mengelola gangguan, yang akan memberikan kompetensi dasar bagi UMKM ASEAN untuk menghadapi masa depan.